Kamis, 21 Januari 2016

PERSYARATAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH DAN POSTER



KETENTUAN PESERTA DAN MEKANISME LOMBA KARYA TULIS ILMIAH ANALIS KESEHATAN

A.    Pesyaratan Peserta Lomba
1.      Peserta LKTI adalah alumni/analis kesehatan/TLM anggota PATELKI lulusan SMAK, SMK-AK, D-III dan D-IV.  
2.      Peserta LKTI adalah kelompok mahasiswa yang sedang aktif dan terdaftar sebagai siswa(i), mahasiswa(i) jenjang pendidikan D-III atau D-IV regular Jurusan Analis Kesehatan baik negeri maupun swasta di Indonesia.
3.      Peserta bukan merupakan PANITIA penyelenggara Lomba Karya Tulis Ilmiah.
4.      Peserta terdiri dari 1 tim yang berjumlah 1-3 orang.
5.      Salah satu peserta tim dapat menjadi Ketua tim pada satu tim saja.

B.     Sistem Lomba
1.      Seleksi Administratif
a.       Mendaftarkan tim masing-masing dengan mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh melalui website IMATELKI KALSEL imatelkikalsel.blogspot.com
b.      Melakukan pengisian formulir sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengirimkan formulir tersebut kepada panitia melalui e-mail imatelkikalsel@gmail.com
c.       Melakukan pembayaran sesuai ketentuan yang telah ditetapkan dengan biaya sebesar Rp 100.000.,/karya biaya pendaftaran dikirim melalui rekening panitia lomba (Transfer ke Bank BNI a.n Nurul Amelia No. Rek 0115834992 setelah pembayaran harap konfirmasi ke nomor Nurul 082328455559 dengan format LKTI_(Sekolah/Perguruan Tinggi)_No.Pendaftaran_Nama Penyetor slip transfer disimpaan dan diperlihatkan bagi peserta yang terpilih dalam 8 besar).
d.      Pembayaran paling lambat pada tanggal 13 Februari 2016 pukul 16.00 WITA.
e.       Melampirkan kartu tanda siswa(i) atau mahasiswa(i) dalam bentuk file dikirim beserta persyaratan lainnya.

2.      Seleksi Naskah
a.       Seleksi Naskah merupakan Penilaian Karya Tulis Ilmiah yang akan diseleksi dari masing-masing institusi yang mengikuti perlombaan.
b.      Karya dikirim dalam bentuk softcopy dalam format word melalui e-mail imatelkikalsel@gmail.com dengan subjek e-mail LKTI_Asal Kampus_No.Pendaftaran_Ketua Kelompok.
c.       Masa pengiriman Karya Tulis Ilmiah dimulai pada tanggal 20 Januari – 13 Februari 2015 pukul 16.00 WITA.
d.      Seeleksi naskah Karya Tulis Ilmiah di mulai dari tanggal 13 Februari – 15 Februari 2016.
e.       Pengumuman Karya Tulis Ilmiah yang masuk 8 besar atau TOP 8 pada tanggal 16 Februari 2016.

3.      Presentasi Karya Tulis Ilmiah
a.       Presentasi Karya Tulis Ilmiah dilakukan pada tanggal 20 Februari 2016 pada pukul 09.00 WITA – selesai yang bertempat di Auditorium Jurusan Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Banjarmasin.

C.    Ketentuan Penulisan Karya Tulis Ilmiah
1.      Ketentuan Umum
a.       Lingkup Karya Tulis Ilmiah berhubungan atau berkaitan langsung dengan bidang analis kesehatan atau layanan laboratorium kesehatan/medik.
b.      Peserta dapat memilih lomba Karya Tulis Ilmiah atau poster, atau mengikuti kedua lombanya.
c.       Karya Tulis Ilmiah merupakan hasil penelitian atau kajian pustaka atau studi kasus yang berasal dari karya yang orisinil dan belum pernah dipublikasikan maupun diikutsertakan dalam lomba sejenisnya.
2.      Ketentuan Khusus
Naskah dikirim dalam bentuk softfile. Diketik menggunakan program Microsoft Word, spasi 1,5 lines, huruf Times New Roman ukuran font 12, jumlah halaman 10-15, dengan kertas berukuran A4. Naskah untuk hasil penelitian sistematika penulisan mengikuti kaidah sebagai berikut:
a.    Judul secara singkat dalam bahasa Indonesia menggunakan huruf maksimal 14 kata.
b.    Identitas Penulis meliputi : nama penulis, asal sekolah/perguruan tinggi/tempat bekerja beserta alamat dan alamat e-mail ketua kelompok.
c.    Lembar Pengesahan mengikuti format yang telah diberikan panitia.
d.   Surat Pernyataan Orisinialitas mengikuti format yang telah diberikan panitia.
e.    Abstrak  dibuat ringkas dan jelas, ditulis jumlah kata 200-250 untuk bahasa Indonesia dan 150-200 untuk bahasa Inggris. Abstrak meliputi: pendahuluan (background), tujuan (objective), metode (method), hasil (results), bahasan (conclusion), disertai dengan 3-5 kata kunci (keywords).
f.     Pendahuluan merupakan pernyataan masalah yang dikupas, informasi  latar belakang yang penting, serta  tujuan dari penelitian.
g.    Metode mencakup desain penelitian, setting, sampel/partisipan, sistem, sumber data/pengukuran, cara analisis, dan metode .
h.    Hasil menyajikan hasil-hasil utama yang berkaitan dengan masalah yang dikupas.
i.      Bahasan mengenai hasil utama, interpretasi, perbandingan dengan penelitian sebelumnya, keterbatasan penelitian.
j.      Kesimpulan ditulis dalam bentuk narasi (bukan pointer).
k.    Saran (opsional) ditulis dalam bentuk narasi (bukan pointer);
l.      Tabel dan Gambar, tabel nomor dan judul ditulis di atas, sedangkan nomor dan judul untuk gambar ditulis setelah gambar disajikan.
m.  Lambang, singkatan atau akronim dapat digunakan setelah ada penjelasan atau kepanjangannya.
n.    Daftar Pustaka paling sedikit 10 rujukan (acuan primer kurang lebih 80%). Disarankan menggunakan terbitan terbaru, diutamakan 5 tahun terakhir (maksimal 10 tahun terakhir), ditulis  sesuai dengan penulisan Harvard Format APA Style.
o.    Penulisan daftar pustaka dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (Nama akhir, tahun). Contoh : (Davis, 2015).

D.    Tahapan Pelaksanaan
Pendaftaran                      : 20 Januari-11 Februari 2016
Pengumpulan Berkas       : 13 Februari 2016 pukul 16.00 WITA (paling lambat)
Pembayaran Terakhir       : 13 Februari 2016 pukul 16.00 WITA (paling lambat)
Pengumuman TOP 8        : 16 Februari 2016
Presentasi                         : 20 Februari 2016
  Pukul 09.00 WITA-selesai
Tempat Auditorium Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Bjm

KETENTUAN PESERTA DAN MEKANISME LOMBA POSTER ANALIS KESEHATAN

A.    Pesyaratan Peserta Lomba
1.      Peserta poster adalah alumni/analis kesehatan/TLM anggota PATELKI lulusan SMAK, SMK-AK, D-III dan D-IV. 
2.      Peserta poster adalah kelompok mahasiswa yang sedang aktif dan terdaftar sebagai siswa(i), mahasiswa(i) jenjang pendidikan D-III atau D-IV regular Jurusan Analis Kesehatan baik negeri maupun swasta di Indonesia.
3.      Peserta bukan merupakan PANITIA penyelenggara Lomba Poster.
4.      Peserta terdiri dari 1 tim yang berjumlah 1-3 orang.
5.      Salah satu peserta tim dapat menjadi Ketua tim pada satu tim saja.

B.     Sistem Lomba
1.      Seleksi Administratif
a.       Mendaftarkan tim masing-masing dengan mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh melalui website IMATELKI KALSEL imatelkikalsel.blogspot.com
b.      Melakukan pengisian formulir sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengirimkan formulir tersebut kepada panitia melalui e-mail imatelkikalsel@gmail.com
c.       Melakukan pembayaran sesuai ketentuan yang telah ditetapkan dengan biaya sebesar Rp 100.000.,/karya biaya pendaftaran dikirim melalui rekening panitia lomba (Transfer ke Bank BNI a.n Nurul Amelia No. Rek 0115834992 setelah pembayaran harap konfirmasi ke nomor Nurul 082328455559 dengan format Poster_(Sekolah/Perguruan Tinggi)_No.Pendaftaran_Nama Penyetor slip transfer disimpaan dan diperlihatkan bagi peserta yang terpilih dalam 8 besar).
d.      Pembayaran paling lambat pada tanggal 13 Februari 2016 pukul 16.00 WITA.
e.       Melampirkan kartu tanda siswa(i) atau mahasiswa(i) dalam bentuk file dikirim beserta persyaratan lainnya.

2.      Seleksi Poster
a.       Seleksi Poster merupakan penilaian poster yang akan diseleksi dari masing-masing institusi yang mengikuti perlombaan.
b.      Karya dikirim dalam bentuk softcopy dengan format Microsoft word atau power point 1 halaman sesuai ketentuan melalui e-mail imatelkikalsel@gmail.com dengan subjek e-mail Poster_Asal Kampus_No.Pendaftaran_Ketua Kelompok
c.       Masa pengiriman poster dimulai pada tanggal 20 Januari – 13 Februari 2015 pukul 16.00 WITA.
d.      Seleksi naskah poster di mulai dari tanggal 13 Februari – 15 Februari 2016
e.       Pengumuman poster yang masuk 8 besar atau TOP 8 pada tanggal 16 Februari 2016

3.      Presentasi Poster
a.       Presentasi Poster dilakukan pada tanggal 21 Februari 2016 pada pukul 09.00 WITA – selesai yang bertempat di Grand Dafam Q-Mall atau tempat acara seminar dilaksanakan

C.    Ketentuan Penulisan Poster
1.      Ketentuan Umum
a.       Lingkup poster berhubungan atau berkaitan langsung dengan bidang analis kesehatan atau layanan laboratorium kesehatan/medik.
b.      Peserta dapat memilih lomba Karya Tulis Ilmiah atau poster, atau mengikuti kedua lombanya.
c.       Poster merupakan hasil penelitian atau kajian pustaka atau studi kasus yang berasal dari karya yang orisinil dan belum pernah dipublikasikan maupun diikutsertakan dalam lomba sejenisnya.
2.      Ketentuan Khusus
a.       Poster penelititan ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris, terdiri dari judul, nama penelitti, institusi, latar belakang, tujuan, metode, hasil penelitian, diskusi dan kesimpulan.
b.      Dalam 1 poster tidak melebihi 4 gambar/foto dan 2 tabel/grafik.
c.       Untuk peserta yang masuk TOP 8 atau 8 besar di wajibkan untuk mencetak poster dengan ukuran poster maksimal 100 cm (tinggi) x 80 cm (lebar) dan membawa tripot sendiri serta memasang/menempel poster sendiri pada tempat atau fasilitas yang nanti disediakan panitia.
d.      Peserta atau pemilik poster harus berada dekat pada posternya masing-masing pada waktu sesi penilaian poster.
D.    Tahapan Pelaksanaan
Pendaftaran                      : 20 Januari-11 Februari 2016
Pengumpulan Berkas       : 13 Februari 2016 pukul 16.00 WITA (paling lambat)
Pembayaran Terakhir       : 13 Februari 2016 pukul 16.00 WITA (paling lambat)
Pengumuman TOP 8        : 16 Februari 2016
Presentasi                         : 21 Februari 2016
  Pukul 09.00 WITA-selesai
Tempat Grand Dafam Q-Mall

E.     Juri dan Keputusan
1.      Tim juri merupakan orang yang kompetem bidang laboratorium yang terdiri dari akademis, praktikan laboratorium, Lembaga Penelitian dan unsure DPC/DPW PATELKI.
2.      Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat dan merupakan mutlak dalam penelitian.

Persyaratan :
1.        Peserta siswa(i), mahasiswa(i) D-III & D-IV Jurusan Analis Kesehatan,kelompok terdiri dari 1-3 orang
2.        Mengisi formulir pendaftaran
3.        Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000.,/karya biaya pendaftaran dikirim melalui rekening panitia lomba (Transfer ke Bank BNI a.n Nurul Amelia No. Rek 0115834992 setelah pembayaran harap konfirmasi ke nomor Nurul 082328455559 dengan format LKTI_(Sekolah/Perguruan Tinggi)_No.Pendaftaran_Nama Penyetor slip transfer disimpaan dan diperlihatkan bagi peserta yang terpilih dalam 8 besar)
4.        Karya Tulis dan Poster merupakan karya yang orisinil dan belum pernah dipublikasikan maupun diikutsertakan dalam lomba sejenisnya
5.        Karya tulis Ilmiah dibuat sebagai jurnal
6.        Peserta yang terpilih dalam 8 besar lomba poster diwajibkan untuk mencetak dan menyediakan tripot sendiri
7.        Mengirimkan soft copy Karya Tulis dan Poster ke e-mail : imatelkikalsel@gmail.com
8.        Peserta dapat mengisi formulir pendaftaran serta melengkapi persyaratan administrasi lainnya yang dapat diunduh pada blogspot imatelki kalsel yang tertera di bawah


LEMBAR PENGESAHAN


Karya tulis ini diajukan untuk mengikuti salah satu runtutan Lomba Karya Tulis Ilmiah 2016
·         Judul Karya Tulis             : ................................................................................................
·         Ketua Kelompok             
1.      Nama                          : ................................................................................................
2.      NIM                           : ................................................................................................
3.      Jurusan/Prodi             : ................................................................................................
4.      Perguruan Tinggi        : ................................................................................................
5.      Alamat rumah & Telp: ................................................................................................
6.      Alamat e-mail : ................................................................................................
·         Anggota Kelompok        
1.      Nama                          : ................................................................................................
2.      NIM                           : ................................................................................................
3.      Jurusan/Prodi             : ................................................................................................
4.      Perguruan Tinggi        : ................................................................................................
5.      Alamat tumah & Telp: ................................................................................................
6.      Alamat e-mail : ................................................................................................
·         Dosen Pembimbing         
1.      Nama dan Gelar         : ................................................................................................
2.      NIP                            : ................................................................................................
3.      Alamat rumah & Telp: ................................................................................................
·         Biaya Kegiatan Total      
Sumber Biaya (sebutkan): Rp  .........................................................................................

Nama Kota, ..................... 2015
                      Dosen Pembimbing                                                 Ketua Kelompok



                 (......................................)                                 (.........................................)
                  NIP.                                                                   NIM.

Menyetujui,
Wakil/Pembantu Dekan/Ketua Jurusan/Departemen/Program Studi/Pembimbing Unit Kegiatan Mahasiswa



(..........................................)
                                                  NIP.

LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS KARYA (LKTI)


Judul Karya                             :
Nama Penulis                          :
1.       
2.       
3.       
Kami yang bertanda tangan di bawah ini meyatakan bahwa benar karya tulis dengan judul tersebut diatas merupaka karya orisinal kami dan belum pernah dipublikasikan dan/atau memenangkan perlombaan sejenis di tempat lain.
Demikian pernyataan ini kami buat dengan sebenarnya, dan apabila terbukti terdapat pelanggaran di dalamnya, maka kami siap untuk didiskualifikasi dan kompetisi ini sebagai bentuk tanggung jawab kami.

                           
                                                                                      .............................,................... 2016
                       Menyetujui,                                                    Yang Membuat Pernyataan
             Wakil/Pembantu Dekan/                                                  Ketua Kelompok

MATERAI 6000
Ketua Jurusan/Departemen/Program Studi/
  Pembimbing Unit Kegiatan Mahasiswa

          (........................................)                                         (........................................)
           NIP.                                                                                NIM.






BIODATA PESERTA
LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL

FOTO
UKURAN
3 X 4
 




Profil Peserta
Nama                                      : ................................................................................................
Tempat, tanggal lahir             : ................................................................................................
Jenis Kelamin                         : ................................................................................................
Jurusan/Semester                    : ................................................................................................
Alamat                                   : ................................................................................................
No. telepon/HP/email             : ................................................................................................
Motto                                     : ................................................................................................
Riwayat Pendidikan (TK s/d Perguruan Tinggi) : ...................................................................
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Karya yang pernah dibuat      : ................................................................................................
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Penghargaan ilmiah yang pernah diraih : ...............................................................................
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Profil Perguruan Tinggi
Asal Perguruan Tinggi           : ................................................................................................
Alamat Perguruan Tinggi       : ................................................................................................
No. Telepon                           : ................................................................................................
No. Fax                                  : ................................................................................................
*)Formulir ini dapat diperbanyak sesuai dengan keperluan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar yang anda berikan. Silakan berkunjung lagi di lain kesempatan ya.. (^_^)